Syifa

Syifa
mode : on

Demokrasi



DEMOKRASI DI NEGARA TERCINTAKU !!!
SUNGGUH MALANG NASIBMU… >.<

Demokrasi... Sistem pemerintahan ini sudah diberlakukan di negara kita tercinta ini. Ya, Indonesia sudah menjadi negara Demokrasi, Demokrasi bukan berarti kekuasaan berada di tangan penguasa, melainkan kekuasaan penuh di tangan rakyat. Artinya, kekuasaan ini dari rakyat,  oleh rakyat, dan untuk rakyat.
            Indonesia sudah menerapkan sistem pemerintahan ini sejak lama, tanpa kita sadari  usia demokrasi di indonesia ini sudah mencapai 10 tahun lebih dan sistem ini akan terus berkembang. Sebagian orang pernah berpendapat bahwa demokrasi tidak akan berlangsung lama di Indonesia, karena masyarakatnya belum siap. Mereka juga pernah mengatakan bahwa negara Indonesia terlalu besar dan memiliki persoalan yang kompleks. Keraguan tersebut bahkan menyerupai kekhawatiran yang dapat membuat Indonesia hancur dan dapat mengakibatkan perpecahan. Namun semua itu salah, pasalnya demokrasi di Indonesia ini telah berjalan baik  dan hal itu telah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan populasi 4 besar di dunia yang berhasil melaksanakan demokrasi. Hal ini juga membuat Indonesia sebagai negara berpenduduk Islam terbesar di dunia yang telah berhasil menerapkan demokrasi.

            Adanya sistem Demokrasi ini juga diharapkan mampu mengangkat perkembangan ekonomi Indonesia, sehingga demokrasi bisa disandingkan dengan kesuksesan pembangunan. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bila demokrasi dapat mencegah korupsi dan penumpukan kekayaan hanya pada elit tertentu. Demokrasi Indonesia telah menciptakan stabilitas politik yang tinggi. Selain itu, Indonesia juga telah berhasil menjadi sebuah negara demokrasi terbesar di dunia dan melaksanakan pemilu yang kompleks dengan sangat sukses.
            Namun, akhir-akhir ini sistem pemerintahan demokrasi banyak terjadi penyelewengan. Contohnya saja dalam kasus pemilu, banyak orang memilih pemimpin dengan tidak demokrasi. Mereka memilih karena banyak alasan, ada yang karena kenal dekat, ada yang memilih karena masih ada hubungan saudara, ada juga karena mendapat doktrin-doktrin dari pihak si calon pemimpin (tim sukses) dan lebih parahnya lagi sekarang banyak beredar money politic dalam pemilu, para calon pemimpin banyak yang melakukan kecurangan, mereka melakukan penyogokan dengan menggunakan uang atau money politic. Mereka menyuruh tim suksesnya masing-masing untuk membagikan uang kepeda rakyat, semakin banyak uang yang diberikan, maka semakin besar kemungkinan orang tersebut menang. Karena rakyat yang ingin memilih juga sama saja, mereka rata-rata memilah lagi calon pemimpin yang mebagikan uang terbanyak, maka dialah yang akan mereka pilih.
            Tidak hanya masalah itu saja, yang paling fenomenal di tahun ini adalah masalah DEMO. Para buruh di Indonesia banyak sekali yang melakukan demo. Mereka demo karena menolak adanya outsorching untuk pekerja pabrik. Para pelaku demo sering berbuat anarkis, merusak segala sesuatu yang ada di depan mereka. Mereka tak peduli tentang bahaya yang mereka akibatkan. Contohnya saja demo yang dilakukan oleh buruh di Sidoarjo. Mereka memblokade jalan raya di sekitar Bandara Juanda. Akibat dari perbuatan mereka itu, jalan raya lumpuh total. Kemacetan terjadi panjang sekali, para pengguna jalan yang tidak ikut demo menjadi korban kemacetan, mereka tidak bias pulang ke rumah tepat waktu. Selain itu, para pendemo juga banyak melakukan aksi anarkis. Mereka membakar ban mobil atau sepeda motor bekas dan lain sebagainya.
            Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem pemerintahan demokrasi di Indonesia ini sebenarnya memiliki peluang untuk berhasil atau mencapai tingkat yang diharapkan. Hanya saja semua itu juga harus diimbangi dengan kesadaran pemerintah akan keadilan terhadap rakyat kecil. Pemerintah harus lebih memperhatikan lagi rakyatnya. Selain itu, rakyat juga harus sadar akan tanggung jawabnya. Memang benar rakyat mempunyai andil dalam pemerintahan, tapi bukan berarti rakyat berkuasa seenak udelnya. Dikit-dikit demo… sana-sini demo… Rakyat juga wajib menaati semua peraturan yang telah dibuat oleh pemerintahan kalau ingin Negara kita ini bisa berhasil menerapkan sistem pemerintahan demokrasi.
           

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Welcome To Syifa's Blog. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy | Blogger Templates